0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perpustakaan Sepi Pengunjung, Ini Penyebabnya

Aktivitas di Kantor Arsip dan Perpustakaan Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Minat masyarakat mengunjungi Kantor Arsip dan Perpustakaan Klaten dari tahun ke tahun semakin menurun. Pesatnya perkembangan teknologi digital dituding sebagai biang meredupnya perpustakaan.

“Rata-rata tingkat kunjungan warga ke perpustakaan hampir 90 orang. Kalau dulu ratusan,” ujar Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Klaten, Kusdiyono, Senin (28/3).

Menurut dia, turunnya jumlah pengunjung bukan berarti minat membaca masyarakat Klaten juga turun. Namun karena faktor perkembangan zaman. Di era sekarang, orang tak perlu mendatangi perpustakaan karena sumber informasi sudah dalam genggaman gawai.

“Saya yakin minat baca tetap tinggi. Hanya saja kunjungan ke perpustakaan kalah dengan WhatsApp, blackberry massenger, hingga google yang sumber informasinya lebih banyak. Cukup baca di rumah sambil tiduran juga bisa,” ucap Kusdiyono seraya menunjukkan gawai yang dipegangnya.

Disinggung soal layanan Pojok Baca Masyarakat yang terletak di sudut Bagian Humas yang berdampingan dengan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten, pihaknya siap menyuplai ratusan judul buku. Sehingga masyarakat yang antri mengurus dokumen kependudukannya dapat mengisi waktunya dengan membaca.

“Kami memiliki koleksi buku sekitar 46 ribu judul. Untuk Pojok Baca Masyarakat di Humas ini tahap awal, mungkin berikutnya akan didirikan di RSUD Bagas Waras. Kita prioritaskan di kantor pemerintahan yang bersinggungan dengan masyarakat,” terang Kusdiyanto saat ditemui disela-sela peresmian layanan Pojok Baca Masyarakat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge