0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Daur Ulang Sampah Jadi Gas? Contoh Pria Ini…

merdeka.com
Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), Andreas (merdeka.com)

Timlo.net – Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), Andreas, punya inovasi cerdas untuk mengatasi masalah daur ulang sampah rumah tangga. Insinyur ini membuat biogaster, sebuah kompor gas yang seluruh bahannya merupakan sampah organik, dan kotoran sapi.

“Jadi ini adalah biomassa biologi untuk menghasilkan biogas jadi bahan bakar. Bisa jadi sayuran bekas, bisa dari rumput. Enggak susah masak makanan,” kata Andreas, Senin (28/3).

Sistem kerja Biogaster ini tidak begitu rumit, petani atau warga cukup memasukkan sampah organik seperti sampah sayuran atau rumput liar ke dalam tungku. Nantinya sampah tersebut akan diolah secara alami oleh bakteri yang sudah disiapkan.

“Bakteri ini secara alami akan mengolahnya. Bakteri ini ada di dalam kotoran ternak sapi, atau rawa-rawa, dasar saluran parit,” jelasnya.

Sayangnya, alat ini belum mendapatkan hak paten, namun sudah digunakan di banyak daerah.

“Udah banyak dipakai, ada di Kalimantan, ada di Purwakarta dan sebagainya,” lanjut Andreas.

Semula, penciptaan alat ini dilakukan untuk menggantikan fungsi gas elpiji yang dianggap membebani rumah tangga.

“Kalau dulu, sebagai pengganti elpiji, ganti biaya rumah tangga, dan memusnahkan limbah atau kotoran ternak. Sehingga, sampah atau kotoran ternak terangkat supaya tidak cermati efek global pemanasan. Banyak manfaatnya,” paparnya.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge