0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

4 Kecamatan di Klaten Diterjang Puting Beliung

Petugas menyingkirkan pohon tumbang di Bugel, Krakitan, Bayat (dok.timlo.net/ist)

Klaten — Bencana angin ribut atau puting beliung menerjang empat kecamatan di Kabupaten Klaten, Minggu (27/3). Kendati tidak ada korban jiwa, sejumlah pohon dilaporkan tumbang menimpa tiang listrik hingga bangunan rumah.

“Kemarin sekitar pukul 15.30 WIB tiba-tiba langit yang semula cerah mendadak menjadi mendung dan gelap. Kemudian turun hujan bercampur angin ribut yang mengakibatkan kerusakan di Kecamatan Trucuk, Bayat, Kalikotes, dan Jogonalan,” ujar Operator Pusdalops BPBD Klaten Arif Fuad Hidayah, mewakili Plt Kepala Pelaksana BPBD Klaten Bambang Sujarwa, Senin (28/3).

Berdasarkan hasil assesment Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) BPBD Klaten, di Kecamatan Bayat, angin ribut memporakpandakan warung angkringan milik Pujiyanto yang berjualan di sebelah barat Rowo Jombor. Di Kecamatan Kalikotes, ada dua kandang ternak milik warga serta pohon tumbang di Puskesmas pembantu, dan satu pohon jati menimpa kabel listrik di Brijo Kidul.

Selanjutnya, di Desa Karangpakel, Trucuk, ada tujuh bangunan yang tertimpa pohon. Selain itu, pohon jati yang tumbang juga menimpa kabel listrik sehingga mengakibatkan mati lampu. Sedangkan di Desa Prawitan, Jogonalan, sebuah pohon mlanding tumbang menutup akses jalan hingga membuat kabel jaringan telepon putus.

“Yang di Karangpakel itu lima di antaranya menimpa bangunan rumah, namun hanya rusak ringan. Penanganan selesai semua sekitar pukul 20.30 WIB. Dan pagi ini kita melanjutkan penanganan pohon tumbang di Bugel, Krakitan, Bayat,” terang dia.

Pihaknya mengimbau warga agar tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya puting beliung akibat cuaca yang berubah-ubah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge