0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Solo Segera Punya Gedung Baru Rp 4 Miliar

Denah gedung baru DPRD Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Akhir bulan ini, proyek pembangunan gedung baru DPRD Kota Solo akan direalisasi. Alasan proyek yang menelan dana Rp 4 miliar dari APBD 2016 ini lantaran ruang komisi yang dinilai kurang luas dalam menjalankan aktivitas wakil rakyat yang terhormat.

Total keseluruhan anggota dewan mencapai 45 anggota dan menempati delapan ruangan di lantai satu dengan luas 50 x 9 meter. Ruang di lantai satu, terdiri dari satu ruang Ketua Dewan, tiga ruang Wakil Ketua Dewan serta empat ruang komisi. Delapan ruangan tersebut masih ditambah lima ruangan lain yang digunakan sebagai pertemuan, sekretaris pimpinan, pusat layanan informasi dan pantry.

Sedikit gambaran, DPRD Solo memiliki empat komisi, masing-masing ruang komisi memiliki luas sekitar 4 x 6 meter yang ditempati 10 anggota dewan kecuali Komisi 4 beranggotakan 11 orang. Dengan komposisi seperti itu anggota dewan merasa kurang leluasa dalam meningkatkan kinerja khusunya saat menerima tamu dari dinas yang jumlahnya tidak menentu.

“Rencananya nanti, lantai satu akan digunakan untuk empat ruang komisi dan dua ruang pertemuan. Sedangkan ketua dewan dan wakilnya akan menempati gedung baru,”  ungkap Ketua Komisi I DPRD Solo, Budi Prasetyo baru-baru ini.

Disinggung pembangunan gedung baru yang akan direalisasi dalam waktu dekat ini, Budi mengaku total biaya sebesar Rp 4.049.150.000. Pelaksanaan akan dipegang langsung oleh Pemkot dalam hal ini Sekretaris Dewan. Menurut rencana pembangunan gedung baru bagi pimpinan dewan akan memakai lahan parker timur DPRD seluas 46 x 9 meter.

Bangunan tersebut akan dibuat dua lantai, lantai dasar tetap akan digunakan sebagai area parkir, sedangkan lantai atas dibuat delapan ruangan yang terdiri dari satu ruang ketua dewan, tiga ruang wakil ketua serta masing-masing satu ruang yaitu ruang meeting, sekretaris pimpinan, arsip dan kamar mandi. Proses lelang pembangunan gedung baru tersebut sudah selesai pada 23 Maret lalu dengan penandatanganan kontrak oleh pemenang yaitu PT Surya Cipta Sarana. Perusahaan tersebut mengalahkan 40 peserta lelang lainya dengan nilai penawaran yang diberikan yaitu Rp 3.888.000.000.

“Yang mengerjakan gedung nanti sama dengan yang membangun gedung ini (Gedung dewan saat ini —Red),” ungkap anggota Komisi I, Abdullah AA.

Politisi asal Partai Hanura ini berharap, dengan pembangunan gedung baru tersebut dapat meningkatkan kinerja anggota DPRD dan memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Proses persiapan pembangunan gedung telah dimulai sejak Kamis (24/3) lalu. Sebanyak empat pohon yang ada di parkir timur gedung dewan terpaksa ditebang untuk pembangunan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge