0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apa Sih Tradisi Tumpek Kandang di Bali?

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Masyarakat Bali akan merayakan tradisi Tumpek Kandang 30 April 2016 di seluruh desa-desa di Pulau Dewata. Upacara ini masuk dalam kalender wisata Bali di Bulan April ini.

“Ini budaya Bali yang sangat unik dan wisatawan akan banyak yang datang dan menikmati. Walaupun ini hanya sekedar tradisi terhadap binatang peliharaan, namun begitu indah jika diikuti ritualnya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali, AA Gede Agung Yuniartha, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Minggu (27/3).

Upacara Tumpak Kandang adalah selamatan atau ungkapan terima kasih atau rasa kasih kepada semua binatang, khususnya binatang ternak atau hewan peliharaan.

”Upacara Tumpek Kandang ini dilakukan Sabtu Kliwon Wuku Uye menurut perhitungan kalender Bali-Jawa. Disebutkan dalam Lontar Sundarigama bahwa Upacara Tumpek Kandang merupakan upacara selamatan untuk binatang-binatang, baik binatang yang disembelih maupun binatang peliharaan yang secara hakikat untuk memuja Tuhan Yang Maha Esa, Siwa yang disebut Rare Angon, penggembala makhluk,” beber Agung.

Hal itu juga akan terjadi di Bali Zoo di Singapadu, Kabupaten Gianyar. Ratusan binatang diprediksi akan menjalani upacara Hindu Tumpek Kandang tersebut.

“Kami harus mengikuti budaya ini dari tahun ke tahun, dan pasti kami lakukan rutin,” ujar Public Relations Executive Bali Zoo, Emma Kristiana Chandra.

Secara simbolis, beberapa satwa dikeluarkan dari penangkaran untuk diupacarai. Diantaranya gajah, siamang, owa jawa, beruang madu, dan binturong.

Ritual yang digelar setiap enam bulan sekali itu digelar di pura setempat dengan dipimpin oleh pemuka agama Hindu. Sebelum menjalankan ritual, pemuka agama setempat menghaturkan sesajen sebagai simbol penghormatan kepada dewa penguasa satwa yakni Sang Hyang Rare Angon sebagai perwujudan Dewa Siwa disertai doa-doa memohon keselamatan kepada seluruh satwa.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge