0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petani Lereng Merapi-Merbabu Mulai Tanam Tembakau

timlo.net/nanin
Petani di Kawasan Lereng Merapi Merbabu mulai mempersiapkan bibit tembakau, untuk ditanam lebih awal di ladang (timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang berakhirnya musim hujan, petani di Lereng Gunung Merapi Merbabu mulai bersiap menanam tembakau. Saat ini, bibit tanaman tembakau sudah mulai disemai. Agar terhindar dari air hujan, bedeng persemaian bibit ditutup plastik.

“Kalau kebanyakan terkena air bisa mati bibitnya,” kata Yitno (65) warg Dukuh Tunggulsari, Desa Sukabumi, Cepogo, Minggu (27/3).

Dijelaskan Yitno, hampir semua petani di wilayah Cepogo, saat ini mulai mempersiapkan tanam tembakau. Mereka memilih menanam tembakau lebih awal. Di saat hujan masih turun, karena selama ini lahan pertanian di lereng gunung hanya mengandalkan air hujan.

“Tanam lebih awal, biar tanaman tetap mendapat cukup air,” imbuhnya.

Petani lain, Rohmat (45) warga Dukuh Ringin, Desa Sukabumi, Cepogo, mengaku saat ini sudah memesan tiga ribu batang benih tembakau. Untuk satu batang dibeli Rp 17. Benih tersebut tidak akan langsung di tanam di ladang meski sudah tumbuh. Namun, akan ditanam terlebih dahulu dengan menggunakan media plastik.

“Sepuluh hari lagi baru ditanam di ladang,” ujarnya.

Sementara selama masih turun hujan, pihaknya harus rajin melakukan pengecekan. Daun tembakau tidak boleh tertutup tanah, karena bisa mengakibatkan daun menjadi layu dan mati.

“Tahun ini kita optimis hasil panen tembakau akan meningkat,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge