0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PNS Didorong Beli Produk UMKM Lokal

Batik Girilayu (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Di tengah persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), DPRD Karanganyar menginisiasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib membeli produk-produk lokal. Upaya tersebut untuk melindungi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) dari keterpurukan.

“Di sisi lain, kita (legislator-red) mendorong pelaku UMKM terus berinovasi melahirkan produk unggulan,” kata Ketua DPRD Karanganyar Sumanto, Minggu (27/3).

Sumanto mengungkapkan produk UMKM Karanganyar mempunyai daya saing. Namun selama ini pelaku usaha terkendala masalah pemasaran. Banyak produk-produk yang sulit berkembang karena pangsa pasar sepi. Dia sudah mengusulkan kepada Bupati untuk mengajak PNS membeli produk-produk UMKM lokal Karanganyar.

“Minimal kita sisihkan uang Rp 100 ribu dari gaji untuk ikut beli produk dari Karanganyar,” jelas Sumanto.

Menurutnya, imbauan kepada PNS untuk membeli produk lokal itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada pelaku usaha kecil. Terlebih dari APBD Karanganyar, 60 persen lebih tersedot untuk gaji pegawai. Jika uang yang mereka terima diputar ke masyarakat lokal, UMKM diharapkan bisa bertahan dan berkembang.

”Pengusaha lokal harus diberi kesempatan, harus dibantu agar tidak bangkrut. Caranya beli produk-produk mereka,” katanya.

Humas Sentra Batik Tulis Girilayu, Matesih, Eko Budi Santoso mengakui kesulitan dalam memasarkan produknya.

”Potensi Batik Tulis Girilayu bagus karena sudah memiliki ciri khas tersendiri, perajin membuat batik kalau ada pesanan saja. Selain kesulitan modal, pemasaran juga kurang maksimal, jadinya dari tahun ke tahun tidak ada perkembangan signfikan,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge