0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

5 Desa di Klaten Jadi Model Desa Berdikari

Desa Balerante, Kemalang, Klaten (Dok.Timlo.net/ Rori)

Klaten —¬†Lima desa di Kabupaten Klaten menerima bantuan stimulan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (pemprov Jateng). Mereka dipilih sebagai model rintisan pengembangan program pembuatan kawasan desa berdikari atau berdiri di kaki sendiri

“Tahun lalu ada tiga desa di Kecamatan Kemalang, yakni Desa Balerante, Bumiharjo, dan Desa Sidorejo. Kemudian tahun ini ditambah dua desa di Kecamatan Cawas, yaitu Desa Mlese dan Tlingsing,” kata Kasubid Penanggulangan Kemiskinan Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten, Mujab, Jumat (25/3).

Dijelaskan, Pemprov Jateng akan mengucurkan bantuan stimulan sebesar Rp 100 juta untuk tiap desa yang akan dikembangkan menjadi model desa berdikari. Penerima bantuan diprioritaskan pada Kabupaten yang masuk kategori daerah miskin atau zona merah.

Untuk Desa Bumiharjo dan Sidorejo difokuskan usaha ekonomi produktif ternak sapi. Sedangkan Desa Balerante bidang pertanian. Sementara, dua desa di Cawas direncakan akan fokus pada produk lurik kombinasi batik.

Untuk tahap awal, desa yang ditunjuk akan memeroleh dana sekitar Rp 100 juta. Sementara untuk tahun-tahun berikutnya, dipangkas dan hanya mendapatkan Rp 50 juta untuk setiap desa

“Pemilihan desa penerima bantuan mengacu ada atau tidaknya potensi lokal yang bisa dikembangkan. Pada tahap awal desa menerima stimulan sebesar Rp 100 juta. Setelah itu dikurangi menjadi sekitar Rp 50 juta,” ujar Mujab.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge