0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perayaan Paskah Dikemas Dalam Visualisasi Ketoprak

timlo.net/agung widodo
Visualisasi perayaan paskah di Gereja Santa Perawan Maria di Fatima Nruwah Paroki Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Perayaan Jumat Agung di Gereja Santa Perawan Maria di Fatima Nruwah Paroki Sragen diikuti puluhan jemaat. Dalam perayaan tersebut dikemas dalam visualisasi pertunjukan ketoprak yang menggambarkan prosesi penyalipan Yesus Kristus. Sebagian jemaat menitikan air mata ketika melihat kejamnya penyiksaan yang dialami oleh Yesus Kristus.

“Visualisasi jalan salib ini dilakukan sekitar 100 orang. Mereka masih muda semua, rata-rata anak kuliah dan sekolah,” ungkap Kepala Bidang IV Kesenian Tim Kerja Kesenian Dewan Paroki Sragen, Albertus Hanung, Jumat (25/3).

Dalam ketoprak ini para pemain menggunakan pakaian tradisional Jawa dan diiringi gamelan. Mereka menyampaikan pesan-pesan cerita mengunakan bahasa Jawa. Namun tidak mengurangi isi dan jalan cerita.

Dimana Yesus ditangkap dan disiksa hingga menemui ajal di tiang salib. Para pemain yang menjiwai masing-masing tokoh dalam cerita membuat haru dan sebagian jemaat gereja menangis. Puncak suasana haru terasa saat adegan kekerasan dalam jalan salib yang berakhir pada penyalipan Yesus Kristus.

Albertus Hanung menjelaskan, prosesi visualisasi jalan salib ini sudah tiga kali dilaksanakan. Pemrakarsanya adalah Romo Hadiyanto. Namun tidak setiap tahun visualisasi ketoprak tersebut dilakukan. Tapi pelaksanaannya diselang-seling dengan visualisasi drama gaya romawi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge