0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas, Buang Sampah di Sungai Akan Ditindak Tegas

petugas kebersihan membersihkan sampah sisa-sisa banjir (timlo.net/daryono)

Solo – Pemkot Solo akan menjatuhkan hukuman tegas bagi warga yang kedapatan membuang sampah di sejumlah aliran sungai di Kota Solo. Selain mengakibatkan sungai tercemar oleh sampah yang dibuang, juga berpotensi menyumbat saluran dan  berakibat pada banjir.

“Seperti yang telah diatur dalam Perda No. 3 tahun 2010  tentang pengelolaan sampah, kami akan memberikan hukuman tegas kepada warga yang kedapatan membuang sampah disungai,” kata Kepala Satpol PP Kota Solo, Sutarjo, Jumat (25/3).

Hukuman yang dijatuhkan, kata Sutarjo, tidak serta merta diberikan. Namun, secara bertahap. Jika pelaku kedapatan membuang sampah sekali maka akan diberikan teguran dan dilakukan pendataan.

Tapi, jika kedapatan membuang sampah di sungai lagi maka pihaknya akan menyeret pelaku sesuai ketentuan yang tertera pada Perda No. 3 tahun 2010.

“Kalau sudah berulang kali kedapatan membuang sampah di kali (sungai-red) ya apa boleh buat, harus ditindak tegas,” tandas Sutarjo.

Upaya yang dilakukan untuk menjaga keindahan sungai di Kota Solo telah direalisasi dengan menangkap seorang warga yang membuang sampah dikawasan Jembatan Gilingan. Meski begitu, warga yang kedapatan membuang sampah sisa makanan ini masih diberikan teguran.

Kedepan, pihaknya akan lebih tegas menjatuhkan hukuman kepada warga yang membuang sampah di sungai.

“Sungai harus dijaga keindahannya, jangan dicemari dengan membuah sampah,” kata Sutarjo.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge