0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Musda, Internal PAN Konsultasi Sesepuh

timlo.net/achmad khalik
Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Umar Hasyim (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Pergerakan politik di internal Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Solo mulai nampak jelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda). Bahkan, Ketua DPC PAN Solo, Umar Hasyim mengaku kerap didatangi kader dengan berbagai kepentingan terkait Musda.

“Ada beberapa yang secara langsung meminta restu. Ada juga yang hanya bersilaturahmi. Ada juga yang berkelompok, tapi ada juga yang langsung empat mata. Macem-macem pokoknya,” terang Umar saat dihubungi, Jumat (25/3).

Disinggung apakah ia menjagokan salah seorang kader untuk menggantikannya, Umar mengaku bahwa seluruh kader memiliki hak yang sama untuk menduduki kepengurusan partai berlambang matahari itu. Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah itu juga mengaku, roda partai menjelang Musda saat ini sangat dinamis dimana berbagai kepentingan politik internal dapat dijumpai.

Menghadapi situasi ini, Wakil Ketua DPRD Solo itu mengaku terus melakukan koordinasi dengan sesepuh serta pendiri partai.

“Kami kerap melakukan diskusi dengan beliau (Amien Rais-red) sebagai pendiri. Bagaimanapun juga siapapun yang memimpin partai ini harus sesuai dengan cita-cita awal para pendiri. Apalagi beliau juga kelahiran Solo,” katanya.

Terpisah, Wakil Sekretaris DPD PAN Solo, Yusuf Anshori, mengatakan skema penentuan kepengurusan saat ini belum dapat diputuskan. Namun menurutnya masih ada dua skenario penggunaan hak suara dalam Musda.

Yusuf menyebut skenario pertama yakni one man one vote yang berarti setiap orang memilih satu nama formatur. Adapun skenario lain yaitu satu orang memilih empat formatur sekaligus.

“Selain itu, bisa saja DPW menunjuk langsung empat formatur jika situasi kondusif,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge