0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Legenda Belanda Johan Cruyff, Tutup Usia

Johan Cruyff (merdeka.com)

Timlo.net — Sepak bola seluruh dunia tengah berduka, legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff telah tutup usia, Kamis (24/3). Pesepakbola kondang pada era 1970-an ini menghembuskan nafas pada usaianya ke 68 tahun. Mantan pesepakbola Ajax Amsterdam dan Barcelona ini meninggal melawan kanker.

“Pada 24 Maret 2016, Johan Cruyff (68), meninggal dengan tenang di Barcelona, dikelilingi oleh keluarganya setelah berjuang melawan kanker. Dengan penuh dukacita, kami meminta kesediaan untuk memberikan ruang pribadi kepada pihak keluarga selama masa berkabung ini,” demikian pernyataan yang tertulis di situs resmi Cruyff.

Bagi sepak bola Belanda dan Barcelona, Cruyff tentu tak asing dan menjadi bagian dari sejarah. Kedigdayaan Tim Oranye hingga menembus final Piala Dunia 1974 dan 1978, adalah berkat kejeniusan Cruyff. Dirinya menjadi tokoh utama di lapangan dalam teori Total Football hasil karya Rinus Michel.

Cruyff jugalah yang mencetuskan La Masia, yang kini kondang sebagai akademi milik Barcelona. Dari La Masia itulah kemudian lahir pemain-pemain yang dikemudian hari menjadi sosok penting bagi Barca dan juga timnas Spanyol.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge