0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Temuan BCB yang Masih Disimpan Warga

dok.timlo.net/nanin
Penemuan benda purbakala (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Boyolali saat ini sedang melakukan inventarisasi benda cagar budaya, terutama yang masih berada di lokasi penemuan. Hanya saja, Disbudpar mengaku kesulitan melakukan pendataan BCB yang disimpan warga.

“Kita alami kesulitan, karena ada beberapa warga yang tidak mau melepas temuanya,” kata Kepala Disbudpar Boyolali, Mulyono Santoso, Kamis (24/3).

Selain melakukan pendekatan, pihaknya juga melakukan sosialisasi agar tiap temuan BCB segera dilaporkan ke dinas. Hal ini dilakukan, sebagai upaya untuk mencegah agar temuan BCB tidak dicuri. Selain itu, pihaknya bisa secepatnya melakukan koordinasi dengan Balai Pelestari Cagar Budaya di Prambanan, untuk melacak asal usul benda purbakala temuan.

“Banyak yang masih berada di luar pantauan kita, ini menyulitkan untuk inventarisasi,” tambahnya.

Rencananya, BCB tersebut akan diseleksi dan sebagian akan dijadikan koleksi di Museum Hamong Wardono. Temuan BCB di Boyolali sendiri tersebar di beberapa kecamatan, seperti Teras, Banyudono, Sawit dan Kota. Sebagian temuan sudah disimpan di Rumah Arca, Taman Kota Sonokridanggo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge