0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kualitas 300 Pegawai Pemkot Solo Perlu Ditingkatkan

Dok.Timlo.net/daryono
Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa (Dok.Timlo.net/daryono)

Solo – Demi meningkatkan mutu kualitas pelayanan terhadap masyarakat, kalangan Dewan mendesak Pemkot Solo untuk meningkatkan kompetensi pegawai di jajarannya. Kualitas kompetensi pegawai menjadi sorotan lantaran timbul ketimpangan antara pegawai satu dengan yang lain. Hasilnya, justru menghambat dan tidak efisiennya pelayanan yang dilakukan.

“Peningkatan kompetensi ini perlu, supaya kemampuan pegawai tidak timpang. Kalau timpang, justru malah menyulitkan,” terang Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa, Kamis (24/3).

Selain dari segi kualitas, lanjut Teguh, pihaknya juga menyoroti ketimpangan kuantitas jumlah pegawai di tiap instansi pemerintahan. Politisi PDIP ini mencontohkan, seperti kurangnya tenaga di bidang kesehatan khususnya yang menangani pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Tak hanya itu, di bidang pendidikan juga mengalami kekurangan. Sehingga, harus melibatkan guru yang tidak sesuai bidang pelajaran untuk mengampu pelajaran tertentu di luar ijazah yang dia miliki.

“Ini kan gak benar,” tandas Teguh.

Oleh sebab itu, lanjut Teguh, pihaknya meminta Pemkot memberikan pendidikan khusus kepada pegawai yang seharusnya memiliki kompetensi khusus. Teguh menyarankan beberapa skema yang dapat dilakukan, antara lain  pengajuan tenaga kepada pemerintah pusat atau dapat pula melakukan mutasi dan pemerataan kompetensi.

“Masih ada sekitar 300 pegawai (Pemkot Solo) yang dirasa perlu ditingkatkan. Kita butuh kualitas di pemerintahan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge