0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ritual di Kahyangan, Dua Warga Pacitan Hilang

timlo.net/tarmuji
Upacara ritual Sedekah Bumi Kahyangan di bawah Selo Payung (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dua warga Kabupaten Pacitan, Jatim, hilang di obyek wisata ritual Bumi Kahyangan, Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo, Selasa (22/3) siang. Mereka adalah Hadi Sarijo (65) dan Didik Muldiyanto (40). Keduanya warga Dusun Kebon Kelurahan/Kecamatan Punung, Pacitan, Jatim.

“Tadi pagi kita menerima laporan itu. Kemudian kami menerjunkan anggota untuk menyisir seluruh pelosok Bumi Kahyangan. Namun keduanya belum ditemukan. Sedangkan motor yang digunakan kedua korban kita temukan di penitipan sepeda motor di depan gapura Kahyangan,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Windro Akbar Panggabean melalui Kasubag Humas Polres Wonogiri AKP Gunawan, Rabu (23/3).

Gunawan menjelaskan, kronologisnya, pada Selasa siang, mereka bersama rombongannya mengunjungi wisata alam Tawangmangu Karanganyar. Sedangkan kedua orang itu tidak langsung pulang ke Pacitan. Namun mereka berbelok arah, saat sampai di pertigaan Karangturi, Nguntoronadi.

“Katanya dia pamit kepada dua rekannya, mau mampir dulu di Kahyangan,” jelasnya.

Hingga Rabu, dua orang rekannya tersebut mencarinya ke rumah mereka masing-masing. Namun pihak keluarga korban mengatakan keduanya belum pulang. Mereka bingung, kemudian berupaya mencari keduanya. Lantaran tidak ketemu, lalu melaporkan peristiwa tersebut ke Mapolsek Tirtomoyo.

“Dari keterangan keluarga, mereka niatnya datang ke Kahyangan hendak melakukan ritual,” katanya.

Ada dugaan, keduanya hanyut terbawa arus sungai Kahyangan. Bahkan bisa jadi mereka terperosok ke dalam jurang yang penuh semak belukar.

Sementara itu, Hartono (40) penjual souvenir di depan pintu gerbang Kahyangan mengatakan, dari salah satu korban sering melakukan ritual di tempat tersebut. Bahkan dirinya hafal betul dengan wajah salah satu korban. Dia juga ikut bersama polisi dan Tim SAR menyusuri Bumi Kahyangan, namun hasilnya nihil. Barang milik korban berupa sendal ataupun pakaian korban tidak ditemukan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge