0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Besok, Jam Masuk ASN Akan Ditentukan

Rakhmat Sutomo (dok.timlo.net)

Solo – Penerapan perubahan jam masuk bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) masih terus dikaji oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Upaya ini dilakukan, untuk mengurai kemacetan di jalan saat jam aktifitas pagi hari.

“Besok, hasil kajian akan dibahas. Setelah itu kami sampaikan kepada Pak Wali (FX Hadi Rudyatmo). Intinya, tanggal 1 April sudah ada keputusan, apakah akan dirubah atau tidak,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Rakhmat Sutomo, Rabu (23/3).

Sejauh ini, pihaknya telah berkordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikpora). Dimana jam masuk sekolah siswa SD pukul 07.00 WIB, SMP pukul 07.15 WIB, dan SMA pukul 07.30 WIB. Sedangkan, ASN masuk pukul 07.00 WIB. Meski begitu, pihaknya masih ragu dengan perubahan jam masuk yang akan diterapkan kepada ASN.

“Semisal, ASN masuk jam 09.00 WIB. Sebagian kan ada yang mengantar anak ke sekolah, setelah itu langsung berangkat ke kantor. Ya kansia-sia juga mengundurkan waktu kerja mereka,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, melakukan kajian terkait kepadatan lalu lintas pagi hari. Dari hasil kajian tersebut, mereka menawarkan opsi kepada Pemkot untuk mengubah jam masuk ASN menjadi pukul 08.00 WIB.

Dari hasil kajian tersebut, 40 persen kendaraan yang melintas di Kota Bengawan pada pagi hari itu merupakan anak sekolah, baik diantar orangtua maupun dengan berangkat sendiri. Kemudian 20 persennya merupakan ASN yang mulai berangkat ke kantor. Belum lagi itu ditambah para pekerja swasta di kantoran yang juga mulai berangkat. Sehingga Dishubkominfo menilai perubahan jam masuk menjadi salah satu upaya untuk mengurai kepadatan lalu lintas di pagi hari.

“Mau masuk jam berapapun tak masalah, asalkan efektifitas seorang ASN tidak berubah, yakni 37,5 jam dalam sepekan,” tegas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Hari Prihatno.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge