0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angkasa Air Terbakar, Lima Orang Meninggal

timlo.net/setyo pujis
Tim evakuasi saat menyelamatkan korban (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Pesawat Angkasa Air dengan kode penerbangan SOC-086 mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Adi Sumarmo, Rabu (23/3). Diduga kecelakaan tersebut disebabkan karena pesawat mengalami pecah ban dan terbakar saat melakukan pendaratan.

Pesawat dengan rute Timur Tengah –Surakarta itu sedikitnya membawa 135 orang penumpang dan kru. Dari hasil identifikasi yang dilakukan tim evakuasi, dilaporkan 5 orang meninggal dunia, 20 orang luka berat, 22 orang luka sedang dan 88 orang luka ringan.

Pantauan di lapangan, sejumlah petugas sigap melakukan proses evakuasi. Pesawat yang terbakar juga berhasil dipadamkan hanya dengan membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang rutin dilakukan PT Angkasa Pura I (Persero). Tujuannya untuk menguji fungsi koordinasi antar unit dan instansi saat terjadi kondisi darurat,” ujar Operation Director Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose kepada wartawan, Rabu (23/3).

Dalam proses simulasi tersebut, pihaknya melibatkan sedikitnya 900 personil yang terdiri dari TNI AU, Perum LPPNPI, Polri, Basarnas, KKP, Kantor Imigrasi Kantor Bea Cukai dan tenaga medis dari Rumah Sakit.

Latihan yang digelar di Bandara Internasional Adi Sumarmo tersebut merupakan simulasi dengan skala besar. Karena tidak hanya simuasi penanganan kecelakaan pesawat, tapi juga simulasi pengamanan aksi terorisme dan penanganan kebakaran gedung.

“Ada tiga simulasi sekaligus yang kita lakukan kali ini. Termasuk penanganan media handling saat dalam kondisi darurat,” jelasnya.

Wendo menyampaikan, setelah Bandara Internasional Adi Sumarmo, PT Angkasa Pura I juga akan menggelar kegiatan serupa ditiga bandara lain pada tahun ini. Yaitu Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Juanda Surabaya serta Bandara Ngurah Rai Bali.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge