0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wah, Gang-gang di Dusun Ini Diberi Nama Alat Kontrasepsi

Gang MOW salah satu jenis kontrasepsi, yang digunakan nama gang kampung di Dusun Gunung Wijil, Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Ada yang unik di Dusun Gunung Wijil, Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali, dimana nama-nama gang menggunakan nama alat kontrasepsi. Ada gang MOW, gang MOP, gang Steril, dan gang IUD.

“Giriroto menjadi Kampung KB, sehingga kami beri nama yang berkaitan dengan KB,” kata Kades Giriroto, Purwanto, di sela-sela pencanangan KB, Rabu (23/3).

Pemberian nama jenis kontrasepsi di dukuh dengan dua RT tersebut bukanlah iseng belaka. Ini dilakukan, karena Dusun Gunung Wijil dijadikan percontohan pemberdayaan keluarga melalui program keluarga berencana (KB).

Desa Giriroto, Ngemplak, sendiri berada di ujung utara Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Desa ini menjadi terkenal, sejak nama Jokowi terpilih sebagai Presiden RI. Karena merupakan desa kelahiran orang nomor satu di negeri ini.

Dengan memberikan nama gang kampung sesuai dengan program KB, diharapkan bisa menjadi pengingat bagi warga Giriroto tentang pentingnya mengatur kehamilan dan jumlah anak. Hingga saat ini masih ada warga yang belum mau ber KB, meski anaknya sudah lebih dari dua.

“Kita terus sosialisasikan dua anak cukup,” tambahnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB), Dasih Wiryastuti mejelaskan, ekonomi dan pemberdayaan keluarga di Giriroto masih perlu ditingkatkan. Pihaknya akan mengembangkan pusat informasi dan konseling remaja (PIK), program bina balita, bina remaja dan bina lansia.

“Khusus untuk PIK nanti bisa sebagai koselor sebaya,” imbuhnya.

Disisi lain, Kepala Perwakilan BKKBN Jateng, Mustar, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan di Desa Giriroto. Dimana meski berada di daerah pingggira namun siap menjadi daerah pembangunan manusia melalui pemberdayaan keluarga. Pihaknya berharap, pembentukan KB jangan berhenti di pencanangan saja.

“Harus terus berkelanjutan, karena berdampak pembangunan dan pendidikan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge