0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panen Mundur, Serapan Pupuk Bersubsidi Rendah

Urea menumpuk di gudang distributor (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Angka penyerapan pupuk Urea bersubsidi produksi PT Pusri di Wonogiri masih relatif rendah jika dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal ini diduga karena banyak petani yang memilih menggunakan pupuk dari produsen lain yang fungsinya lebih majemuk,yakni hasil produksi PT Petrokimia Gresik

“Selama periode Januari-Maret ini kami baru menebus (menyalurkan) sekitar 100 ton, padahal periode yang sama tahun 2015 lalu bisa menyalurkan sekitar 325 ton Urea,” ungkap salah seorangĀ  distributor pupuk Urea bersubsidi di Wonogiri yang enggan disebutkan namanya, Selasa (22/3).

Menurutnya, Urea milik PT Pusri,hampir sama fungsinya dengan produksi PT Petrokimia Gresik. Bahkan,konon lebih majemuk atau fungsi lengkap Urea produksi Petrokimia Gresik.

“Hampir dua bulan ini, kelompok tani telah beralih ke Petrokimia,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (DispertanTPH) Wonogiri, Safuan, menjelaskan, kecilnya angka penyaluran pupuk urea bersubsidi di daerahnya dewasa ini bukan karena petani beralih ke pupuk merk lain.

“Tapi karena musim panen raya mundur sehingga saat ini penggunaan Urea petani belum banyak,” tuturnya.

Pihaknya optimis, penggunaan urea bersubsidi di kalangan anggota Klomtan di Wonogiri itu akan kembali normal sekitar awal April ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge