0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Motif Batik Khas Klaten segera Digulirkan

dok.timlo.net/aditya wijaya
Dari kiri, Wakil Bupati Klaten Sri Mulyani, Bupati Klaten Sri Hartini, dan Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten bakal menggulirkan motif batik dengan ciri khas Klaten. Pasalnya, selama ini Klaten belum memiliki batik khas tersendiri dibandingkan dua kota tetangganya, Solo dan Yogja.

“Karena selama ini belum ada motif batik yang benar-benar menunjukkan ini lho Klaten. Maka dengan motif yang sedang disiapkan ini nantinya begitu masyarakat melihat langsung tahu motif ini ya Klaten,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Ekonomi Bappeda Klaten Wahyu Haryadi, Rabu  (23/3).

Dikatakan, motif batik tersebut sudah digulirkan sejak Januari lalu. Kemudian saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) pekan lalu, seluruh pegawai Bappeda mengenakannya. Adapun tampilan baju batik dengan motif khas ikon Klaten dengan dominasi warna merah keoranyean.

Batik motif ikon khas Klaten tersebut dibuat oleh pengrajin batik di Kecamatan Bayat. Alasannya, selain dikenal dengan kerajinan batik, baik batik tulis maupun batik capnya, batik Bayat menggunakan pewarna alam.

”Sambutannya cukup positif, namun nanti masih kami diskusikan dengan bupati untuk pengembangan motif dan promosinya,” imbuh Wahyu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge