0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Mata Kita Tertutup Saat Berciuman?

Dok: Timlo.net/ Google Images
(Ilustrasi) Ciuman. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Seperti saat bersin, orang biasanya menutup mata saat berciuman. Hingga sekarang, orang tidak bisa memahami alasannya. Tapi sebuah penelitian terhadap indera penglihatan dan peraba yang diadakan oleh Royal Holloway, University of London, Inggris mengungkapkan alasan kenapa orang menutup mata saat berciuman.

Penelitian itu menyimpulkan jika bagian otak manusia yang disebut grey matter tidak bisa memproses dua tindakan sekaligus yaitu berciuman sembari membuka mata. Oleh karena itu biasa, manusia secara alami menutup mata supaya bisa berciuman.

Untuk studi ini, para peserta diminta melakukan tes visual sembari merespon terhadap sentuhan tangan. Tes visual itu berupa tugas untuk mencari huruf yang berbeda tingkat kesulitannya. Juga tes terhadap respon peserta terhadap getaran kecil pada salah satu tangan saat mereka diminta mencari huruf dengan mata mereka.

Polly Dalton dan Sandra Murphy dari universitas tersebut membeberkan penelitian tersebut dalam the Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance.

Ternyata para peserta kurang responsif terhadap sentuhan saat mata mereka sibuk mencari huruf. Jadi dalam aktivitas yang memerlukan indera peraba misalnya berciuman, menari dan bercinta, manusia cenderung lebih fokus pada sentuhan daripada penglihatan mereka. Karena saat menutup mata dan fokus pada sentuhan mereka bisa memaksimalkan usaha mereka.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge