0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paskah, 3 Gereja Ini Dapat Pengamanan Khusus

dok.timlo.net/nanng rahadian
Penyisiran gereja jelang perayaan Paskah (dok.timlo.net/nanng rahadian)

Karanganyar — Tiga gereja dengan jumlah jamaah lebih dari 4 ribu mendapat pengamanan khusus dalam rangkaian Perayaan Paskah, Jumat (25/4) mendatang. Meski demikian seluruh gereja yang ada di Karanganyar yang berjumlah 133 dan tersebar di 17 kecamatan juga akan mendapat pengamanan dari aparat Polsek setempat.

“Penyisiran dilakukan tidak hanya pada 3 gereja saja yang memiliki jamaah lebih dari 4.000 orang. Namun, gereja-gereja yang jamaahnya sedikit tetap kita fokuskan,” ujar Kasat Sabhara Polres Karanganyar AKP Mardiyanto, Rabu (23/4).

Tiga gereja yang mendapat pengamanan dan penyisiran intensif antara lain Gereja Katolik Santo Pius di Jalan Lawu, Gereja GKJ Kismorejo di Jaten, dan GKJ Cangakan.

Penyisiran dilakukan dengan alat metal detector serta anjing pelacak. Seluruh sudut gereja diperiksa, baik dalam maupun di luar bangunan gereja. Setelah memeriksa ruang utama di dalam gereja, penyisiran dilanjutkan hingga areal administrasi gereja.

“Kami menggunakan metal detector dan anjing pelacak untuk lebih memaksimalkan penyisiran,” kata AKP Mardiyanto.

Saat pelaksanaan ibadah Misa Paskah, pintu masuk gereja akan dipasang metal detector. Setiap jemaat yang masuk akan diperiksa barang bawaannya untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang bisa masuk ke tempat peribadatan.

“Jadi jamaah yang masuk ke dalam gereja sudah aman. Untuk pengamanan gereja, selain petugas mulai dari tingkat Polres hingga Polsek setempat, pengamanan yang dilakukan juga berkoordinasi dengan panitia penyelenggara Paskah di masing-masing gereja,” jelasnya.

Sementara Dewan Paroki Tim Kerja Keamanan Gereja St Pius, RS Sudiyoko mengatakan, rangkaian kegiatan rangka peringatan Paskah sudah dimulai sejak Kamis Putih, Jumat Agung dan Misa Paskah pada hari Sabtu Malam (26/4).

“Jemaat paling banyak saat Misa Paskah, bisa sampai 2.500 orang jemaat,” kata Sudiyoko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge