0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Biaya Jutaan Rupiah, Sertifikat Tak Kunjung Selesai

timlo.net/putra kurniawan
Kantor BPN Sukoharjo (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Sejumlah warga di Kecamatan Bendosari mengeluhkan lamanya proses pengurusan sertifikat tanah. Bahkan diantaranya sudah lebih dari tiga tahun belum selesai meskipun biaya pengurusan hingga jutaan rupiah sudah lunas dibayar.

“Banyak sertifikat yang belum jadi, seperti milik anak saya sudah dua tahun belum jadi pasca meninggalnya Pak Lurah Puhgogor, katanya sudah masuk ke Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di kecamatan,” kata salah satu warga, Suharno, Selasa (22/3).

Informasi dari sejumlah warga di Desa Puhgogor, Desa Manisharjo dan Desa Mertan, jumlah sertifikat yang belum selesai mencapai ratusan. Sedangkan biaya yang dikeluarkan pemohon pengurusan setifikat tanah antara Rp 3 juta hingga Rp 30 juta, namun setelah dicek ke BPN belum masuk.

Seluruh sertifikat tanah yang belum jadi dan dikeluhkan warga merupakan pengurusan melalui jalur mandiri, tidak melalui Program Nasional sertifikasi tanah. Warga menyerahkan pengurusan sertifikat kepada pihak pemerintah desa masing-masing secara kolektif yang diterukan ke PPAT Kecamatan.

“Biasanya kalau lama prosesnya ada permasalahan, bisa karena beda gambar atau yang lainnya, dan diurus melalui jalur mandiri atau biasanya secara kolektif dan didata oleh pembantu PPAT,” tandas Camat Bendosari, Sumarno.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge