0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Permohonan Praperadilan Pengusaha Galian C Ditolak

dok.merdeka.com
Sidang praperadilan kasus galian C di PN Sragen (dok.merdeka.com)

Sragen — Permohonan praperadilan yang diajukan pengusaha Galian C, Sunardi (55) warga Kampung Ngablak RT 13/4, Kelurahan Kroyo, Karangmalang ditolak oleh Pengadilan Negeri (PN) Sragen. Pasalnya, berkas perkara dari kasus galiac C tersebut sudah dilimpahkan ke PN untuk disidangkan.

“Sesuai dengan pasal 82 ayat 1 huruf  D KUHAP bahwa praperadilan tidak bisa diterima ketika perkara pokoknya sudah dilimpahkan ke PN. Secara otomatis permohonan praperadilannya gugur,” kata Humas PN Sragen, Agung Nugroho, Selasa (22/3).

Sidang praperadilan yang dipimpin hakim tunggal Estafana Purwanto, Senin (21/3), digelar antara pemohon, Sunardi dengan termohon Kapolres Sragen, AKBP Ari Wibowo. Menurut termohon penetapan tersangka dan penyitaan alat berat backhoe tidak sah karena tidak menunjukkan surat perintah.

Agung menyatakan, keberatan pemohon atas putusan praperadilan tersebut nanti bisa disampaikan dalam persidangan perkara pokoknya.

Sebelumnya, salah satu kuasa hukum pemohon, Amriza Khoirul Azmi, memang mengaku kecewa atas putusan hakim tersebut. Ia mempertanyakan putusan hakim yang menggugurkan permohonan kliennya. Padahal dalam pasal 82 ayat 1 KUHAP menegaskan bahwa putusan untuk gugatan praperadilan itu hanya ditolak atau dikabulkan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge