0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

4,5 Juta Wisatawan Kunjungi Solo Tahun Ini

dok.timlo.net/daryono
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat salah satu tujuan wisata di Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Wisatawan yang berkunjung di Kota Solo mengalami peningkatan tiap tahun. Ini membuktikan Kota Solo masih menjadi primadona wisatawan mancanegara (Wisman) maupun domestik.

“Total dua bulan terakhir mencapai 617.489 wisatawan, baik wisatawan asing dan domestik. Wisatawan asing mencapai 4.455, sedangkan wisatawan domestik mencapai 613.044,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Eny Tyasni Suzana, Selasa (22/3).

Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 615.062 dengan rincian wisatawan asing mencapai 2600 dan domestik mencapai 612.462.

“Kami yakin, untuk tahun ini dapat mencapai target wisatawan mencapai 4,5 juta orang,” jelas Eny.

Tahun 2015 kemarin, lanjut Eny, Disbudpar mampu melebihi target yang ditetapkan yakni 4,1 juta wisatawan. Sedangkan hasil yang diperoleh mencapai 4,2 juta wisatawan. Berdasarkan data tersebut, pihaknya optimis mampu melebihi target dari tahun sebelumnya.

“Kami yakin, mampu melewati dari target yang ditetapkan,” kata Eny.

Disinggung destinasi wisata yang kerap disambangi oleh para wasatawan, Eny mengaku, kawasan Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran masih memiliki daya tarik bagi mereka. Dua kawaasan yang juga menjadi salah satu branding Kota Solo dinilai masih memiliki magnet ampuh untuk menggaet para wisatawan asing. Sementara, untuk wisatawan domestic lebih memilik kawasan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dan Taman Balekambang.

“Pilihannya sendiri-sendiri. Untuk wisatawa asing mereka memilih Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran karena mamiliki unsur nilai budaya. Namun, untuk wisatawan domestik memilih wisata taman untuk bersantai dengan keluarga saat berkunjung ke Kota Solo,” terang Eny.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge