0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Kukut Pengoplos Gas Elpiji Tiga Kilogram

merdeka.com
elpiji 3 kilogram (merdeka.com)

Timlo.net — Jajaran Subdit Industri Perdagangan Asuransi (Indagsi) Ditreskrimsus Polda Sumatera Selatan mengungkap tempat pengoplosan gas elpiji dari tabung 3 kilogram, ke dalam tabung gas 12 kilogram. Tanpa diketahui, masyarakat sudah sering menggunakan gas oplosan itu.

Polisi juga berhasil meringkus pemilik, Pegi Putra, dan dua anak buahnya, Akbar dan Tami. Mereka sedang mengoplos gas di kawasan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Palembang, Minggu (20/3) siang.

Dalam penggerebekan itu, petugas menyita barang bukti berupa tabung 12 kg sebanyak 33 buah, tabung 3 kg 169 buah, lima unit alat oplos, satu unit timbangan 50 kg, 250 karet sil beserta 24 segel plastik, dan satu unit mobil Daihatsu Grand Max dengan nomor polisi BG 9016 JB.

Tersangka Pegi mengaku sudah menjalankan bisnis itu sejak tiga bulan lalu. Per minggu, dia berhasil mengoplos 40 tabung gas 12 kg dan dijual ke sekitar kediamannya.

“Satu tabung 12 kg untungnya dapat Rp 20 ribu. Sebulan bisa dapat sekitar lima jutaan,” kata Pegi di Mapolda Sumsel, Senin (21/3).

Menurut Pegi, mengoplos elpiji terbilang mudah. Dia mengumpulkan gas elpiji 3 kg bersubsidi dari warung-warung dekat rumahnya. Kemudian, bersama dua karyawannya, Pegi memindahkan isi gas 3 kg ke tabung gas 12 kg dengan cara pipa besi bolong dan behel dimasukkan di dalam katup.

“Untuk satu tabung 12 kilo bisa dioplos dari lima tabung 3 kilo. Orang-orang tidak tahu kalo itu oplosan karena tidak pernah ada kejadian (meledak),” ucap Pegi.

Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Ferry Harahap mengatakan, para tersangka dijerat Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) Huruf C Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang PK dan Pasal 53 Jo 23 UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

“Kami imbau warga lebih waspada membeli tabung oplosan karena kondisinya membahayakan. Bisa-bisa meledak dan kebakaran,” kata Ferry.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge