0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UN, Ribuan Pengawas Ruang Dilibatkan

Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Siswanto (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ribuan pengawas ruang diterjunkan dalam Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah/Madrasah (USM). Mereka diambil dari guru yang mata pelajarannya sedang tidak diujikan.

“Guna mendukung agar pelaksanaan UN berjalan lancar, Dinas Pendidikan menyiapkan 4.544 pengawas,” ungkap KepalaDinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto, Senin (21/3).

Menurutnya, sesuai data pada buku informasi UN yang diterbitkan Dinas Pendidikan Wonogiri, UN/USM 2016 akan diikuti 38.273 siswa. Mereka akan melaksanakan ujian di 2.272 ruang yang tersebar di seluruh satuan pendidikan di Wonogiri.

“Pengawasan di ruang ujian dilakukan oleh tim pengawas yang terdiri guru-guru yang mata pelajarannya sedang tidak diujikan. Mereka diatur dengan sistem silang dalam satu kabupaten, sedang guru mata pelajaran yang pelajarannya sedang diujikan tidak diperbolehkan berada di lokasi pelaksanaan UN,” katanya.

Sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2016, setiap ruangan akan diawasi oleh dua pengawas. Penempatan pengawas ruang ditentukan dengan sistem silang dalam satu kabupaten. Selama UN berlangsung, pengawas ruang wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian.

Pengawas harus memberikan peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan. Tugas lain adalah melarang orang yang tidak berwenang memasuki ruang UN selain peserta UN. Namun begitu pengawas ruang juga harus mematuhi larangan yang ada. Di antaranya adalah tidak boleh merokok di ruang ujian, mengobrol, membaca dan memberi isyarat atau petunjuk serta bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban UN.

Pelaksanaan UN SMA/MA dan SMK/MAK akan dilakukan mulai 4 April 2016. Untuk UN SMP/MTs akan dilakukan mulai 9 Mei 2016. Sedangkan untuk USM SD/MI dimulai pada 16 Mei 2016.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge