0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerimaan Pajak di Triwulan Pertama Minim

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II, Lusiani (foto: Setyo)

Solo – Pada triwulan pertama, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II targetkan penerimaan pajak mencapai 14 persen. Salah satu strategi yang akan dilakukan adalah dengan mengoptimalkan sektor unggulan ekonomi daerah.

“Target kita tidak muluk-muluk, bisa mencapai 14 persen sudah bagus. Karena sampai dengan saat ini penerimaan pajak kita masih relatif minim atau masih dibawah 10 persen,” ujar Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II, Lusiani kepada Timlo.net, kemarin.

Dirinya memprediksi penerimaan pajak akan mulai tumbuh setelah Maret. Pasalnya sampai dengan saat ini fokus utamanya adalah pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan, baik dari wajib pajak orang pribadi maupun badan.

“Di awal tahun memang trendnya seperti itu. Namun demikian kita optimis dapat merealisasikan target penerimaan yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Untuk mendongkrak penerimaan pajak, ia mengaku akan memaksimalkan potensi unggulan di masing-masing daerah. Seperti sektor perdagangan, pertanian maupun industri.

Lusiani juga berharap, dengan adanya tahun penegakan hukum ini dapat meningkatkan kesadaran para wajib pajak.

“Melalui tahun pendekatan hukum ini, kita berharap kesadaran wajib pajak khususnya orang pribadi bisa meningkat. Karena sampai saat ini kontribusinya relatif minim atau 30 persen,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge