0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Tahanan Bengal Akan Dipindah ke Nusakambangan

dok.timlo.net/achmad khalik
Suasana Pesantren Kilat Ramadan di Lapas Kelas 1 Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Ratusan penghuni Rutan Kelas 1 Solo akan dipindah ke Lapas Nusakambangan. Karena mereka kerap membuat keributan dengan warga binaan dan berperilaku bengal.

Upaya ini dilakukan untuk menjaga kondisi lapas agar tetap terkendali dan perilaku warga binaan nakal ini tidak menular pada warga yang lain.

“Sudah kita pindahkan 10 orang warga binaan, dan masih ada sekitar 100 orang lagi yang akan kita pindah,” kata Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Solo, Urip Dharma Yoga, Senin (21/3).

Warga binaan yang dipindah ini adalah mereka yang membutuhkan perlakuan khusus. Mereka rata-rata adalah terpidana dengan masa hukuman yang cukup lama.

“Rata-rata di atas enam tahun. Ada terpidana kasus Narkoba, ada pembunuhan, dan kriminal lainnya,” kata Yoga.

Petugas Rutan Solo sendiri siap menindak tegas jika perilaku warga binaan yang dianggap tidak baik. Mereka yang kukuh dan tidak mau berubah, harus bersiap dipindahkan ke pulau dengan penjagaan ekstra ketat itu.

Selain dipindah ke Nusakambangan, petugas juga memaksimalkan fungsi ruang tahanan sunyi yang jauh dari sel tahanan biasa.

Berdasar data dari petugas, saat ini jumlah penghuni mencapai 524 orang yang terdiri dari 300 orang narapidana, dan 224 berstatus tahanan.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge