0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Tanaman Ini Jadi Buruan Para Pecinta Aquascape

timlo.net/achmad khalik
Tanaman Java Moss yang menjadi buruan pencinta aquascape (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Hobi aquascape makin hari makin berkembang. Kali ini, dua tanaman jenis Java Moss dan Anubis menjadi incaran para aquascaper. Di Pasar Depok, Banjarsari sendiri banyak pedagang yang kewalahan melayani persediaan tanaman tersebut.

“Saat ini yang baru banyak diminati pecinta aquascape adalah tanaman Java Moss dan Anubis,” terang salah seorang pedagang Pasar Ikan Hias, Depok, Nanisa (32).

Menurutnya, tanaman berjenis ’karpet’ atau disebut Java Moss ini digunakan sebagai persembunyian ikan. Sehingga, ikan didalam aquarium tidak mudah stress lantaran takut saat ditonton manusia. Disamping itu juga, harga yang murah berkisar Rp 15 ribu per lempeng juga sangat terjangkau oleh masyarakat. Tanaman jenis lumut ini, biasanya banyak dijumpai dialam liar seperti di bawah air terjun maupun di bawah pohon yang berada di aliran yang terendam oleh air.

“Efeknya sangat bagus, ketika Java Moss dijadikan salah satu penghias aquascape,” terang Nanisa.

Sedangkan untuk tanaman Anubis, lanjut Nanisa, sangat cocok bagi para aquascaper pemula. Disamping itu juga, tanaman yang biasa melekat pada kayu maupun bebatuan tersebut memiliki harga jual yang tinggi. Rata-rata, harga tanaman Anubis mencapai Rp 30 ribu namun jika sudah spesial mampu menembus harga hingga Rp 700 ribu. Tergantung dari jumlah daun yang tumbuh ditanaman teresebut.

“Tanaman ini bisa tumbuh di segala macam suhu dan mampu tetap hidup meski mengambang. Maka dari itu, menjadi incaran para pecinta aquascape,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge