0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paket Wisata Tanah Air Laku Keras di Negeri Jiran

merdeka.com
Bali (merdeka.com)

Timlo.net – Total transaksi paket wisata Wonderful Indonesia dalam ajang MATTA Fair di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 11-13 Maret 2016 kemarin mencapai Rp 42 Miliar. Jumlah itu menunjukkan pasar wisata tanah air cukup diminati wisatawan Malaysia. Indonesia juga meraih predikat ASEAN Favourite Destination di ajang tersebut.

“Pariwisata ini sangat sensitif terhadap isu. Berbagai kemenangan itu, akan terus menaikkan level kepercayaan diri kita,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Sabtu (19/3).

Angka Rp 42 Miliar itu didapat dari hasil evaluasi kuisioner yang dibagikan kepada 34 industri. Dari puluhan industri tadi, diperoleh hasil estimasi transaksi sejumlah 6.259 pax dengan nilai sebesar MYR 10.000.000. Nominalnya setara dengan Rp 32 Miliar dengan kurs MYR 3.200.

Tambahan lainnya, didapat dari hasil transaksi langsung yang dilakukan local agent Malaysia sejumlah 2.056 pax. Nilainya sebesar MYR 3.125.000, setara dengan Rp 10 miliar.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani Mustafa menjelaskan, paket tur yang paling banyak dibeli pada saat pameran berlangsung adalah paket wisata ke Bali, Lombok dan Bandung. Transaksi langsung pada even ini dapat diketahui karena Kemenpar menyediakan gift redemption bagi pembeli paket wisata ke Indonesia dengan menunjukkan invoice.

“Paket wisata halal Lombok masuk ke dalam destinasi yang paling diburu warga Malaysia saat MATTA Fair 2016. Paket yang diminati mulai dari 1.000 ringgit Malaysia hingga di atas 2.000 ringgit Malaysia,” terang Rizky.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge