0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyuwangi Jadi Beyond Bali

www.semangatbanyuwangi.com
Pantai di Banyuwangi (www.semangatbanyuwangi.com)

Timlo.net – Kota kecil sekelas Banyuwangi menjadi dikenal di penjuru dunia. Dahulu orang mengenal Banyuwangi lebih sebagai kawasan yang seram, menuju ke ujung kota di Jawa Timur itu melintasi alas purwo, hutan konservasi dengan banyak isu begal dan bajing loncat.

“Sekarang suasananya beda, Banyuwangi menjadi destinasi wisata yang keren,” ucap Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Sabtu (19/3).

Ibarat ikan, Banyuwangi ini hanya ikan kecil yang berenang di sekitar hiu dan paus. Dia hanya mengambil sisa-sisa makanan yang belum sempat ditelan oleh raksasa dan predator laut itu.

“Pausnya adalah Bali, ikan kecilnya adalah Banyuwangi. Mengoptimalkan sisa-sisanya Bali saja, Banyuwangi sangat maju, dengan 30 ribu wisman dan 1,5 juta wisnus setahun,” ungkap Arief Yahya.

Konsep Bali and Beyond itu, diam-diam sudah digas di Banyuwangi. Bupati Azwar Anas tidak mau banyak berteori, juga tidak mau banyak berargumentasi. Dia manfaatkan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, dengan menyediakan atraksi dan amenitas di kawasan itu.

“Akhirnya, sebelum orang menyeberang ke Bali, atau habis mendarat dari Bali, mereka beristirahat di Banyuwangi,” jelas Arief Yahya.

Lama-lama, amenitasnya semakin kuat. Atraksinya juga semakin variatif. Ada banyak objek destinasi yang tidak sempat dilihat.

“Kebetulan, objek alamnya juga bagus-bagus, punya pantai yang bagus, ada yang cocok untuk surfing, ada yang cocok untuk snorkeling diving, ada yang pasir merah, ada yang pasir putih. Inilah yang menjadi ujung tombak dan penopang ekonomi warganya,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge