0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satlantas Bagi-Bagi Buku Pendidikan Lalu Lintas Buat Pelajar

foto: Tarmuji
Penyerahan buku hanjar pendidikan lalu lintas (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Banyaknya kecelakaan lalu lintas di jalan raya selama ini didominasi oleh kalangan pelajar. Hal itulah yang membuat jajaran Satlantas Polres Wonogiri prihatin. Salah satu upaya pencegahannya, dengan memasukkan tata tertib lalu lintas dalam buku pelajaran untuk semua jenjang pendidikan.

“Ini merupakan salah satu upaya jajaran kepolisian untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas, utamanya di kalangan pelajar,” ungkap Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Sri Ningsih Iriani mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Windro Akbar Panggabean, Sabtu(19/3).

Secara simbolis bantuan buku bahan pelajaran(Hanjar) pendidikan lalu lintas kepada pelajar di Wonogiri yang diberikan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri di Gedung PGRI Wonogiri.

“Jumlah total buku Hanjar Pendidikan Lalu Lintas 2016 yang kita berikan sekitar 2074 buku untuk SD, MI, SLTP, MTs dan SLTA, MA,” ujar Sri Ningsih Iriani.

Buku Hanjar yang berjumlah 2.074 buku dibagikan ke setiap sekolah di semua jenjang. Dengan rincian, untuk tingkat SD sebanyak 1.552 buku kepada 776 sekolah, SLTP 237 buku untuk 119 sekolah, SLTA 127 buku dibagikan untuk 65 sekolah.

“Untuk sekolah di bawah naungan Kementerian Agama kita juga menyerahkan 102 buku. Untuk jenjang MI sebanyak 51, kemudian 46 buku kepada 23 MTs, dan 10 buku kepada 5 MA,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto menambahkan, buku Hanjar nantinya juga akan digunakan untuk materi pelajaran. Di sisi lain, tata tertib lalu lintas juga perlu diperkenalkan untuk semua siswa di semua jenjang.

“Nanti kita akan pergunakan sebagai bahan pelajaran guru untuk siswa, karena erat kaitannya dengan keselamatan berlalu lintas. Memang untuk SMP tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor, tapi kenyataan didaerah pelosok siswa SMP itu sudah mengendarai sepeda motor untuk ke sekolah,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge