0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Jekek: UN, Prestasi Yes, Kejujuran Harus!

Bupati Joko "Jekek" Sutopo saat sosialisasi UN di Gedung PGRI Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Bukan hanya sekadar lulus dan nilai bagus, namun ujian nasional (UN) merupakan salah satu momentum untuk menyiapkan generasi yang cerdas, pintar dan canggih serta berdaya saing. Namun di dalam pelaksanaan UN, ada indikasi perbedaan yang mendasar sehingga menimbulkan polemik di dunia pendidikan.

“UN sebagai salah satu indikator, tapi satu hal yang mendasar yakni sistem UN yang menimbulkan perbedaan. Ada UN umum ada UN berbasis komputer,” ungkap Bupati Wonogiri Joko “Jekek” Sutopo saat membuka sosialisasi UN di Gedung PGRI, Brumbung, Wonogiri, Sabtu( 19/3).

Namun demikian, Bupati Jekek meminta insan pendidikan untuk lebih mengedapankan pendekatan persuasif terhadap siswa. Menurutnya, menghadapi UN, tidak hanya prestasi, namun integritas siswa juga harus dibangun dengan bagus pula.

“Prestasi yes, tapi jujur juga harus. Dua kalimat sederhana itu sarat makna. Yang jelas kita harus mengedepankan integritas, karena prestasi juga harus didasari kejujuran,” katanya.

Bupati juga berharap dunia pendidikan di Wonogiri kembali pada fungsinya. Pasalnya beberapa waktu lalu, saat Pilkada 2015, sejumlah sekolah digunakan sebagai ajang kampannye.

“Ada fungsi pendidikan yang keluar rel, saya harap ada pihak-pihak yang mengembalikan ke domainnya,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto menambahkan, terkait UN di Wonogiri akan dilaksanakan serentak. Untuk UN PBT Utama SMA digelar 4-6 April, SMK 4-7 April, SMP 9-12 Mei 2016 .Kemudian UN PBT susulan, 11-13 April untuk SMA, kemudian untuk SMK 11-14 April, lalu SMP 16-19 Mei.

UN tahun ini diikuti oleh 13.215 siswa SD, 627 siswa MI, SDLB 47 siswa, SMP 12.888 siswa, SMP terbuka 41 siswa, MTs 1.311 siswa, SMLB 6 siswa, SMA 2.769, MA 267 siswa, SMALB 4 siswa, SMK ,6.422 siswa, Paket A 12 siswa, Paket B 264 siswa dan Peket C ada 400 siswa.

“Untuk sekolah yang akan mengikuti UN dengan model CBT ada 10 sekolah,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge