0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Boeing Ciptakan Toilet yang Bisa Bersihkan “Diri Sendiri”

Dok: Timlo.net/ Geekwire.com.
Kamar mandi baru Boeing. (Dok: Timlo.net/ Geekwire.com.)

Timlo.net— Boeing dalam proses mengembangkan kamar mandi yang bisa membersihkan “diri sendiri”, tanpa perlu menyentuh apapun untuk penerbangan komersial. Prototipe kamar mandi pesawat itu menggunakan sinar ultraviolet (UV) untuk membunuh 99,99 persen kuman di permukaan setelah digunakan. Selain itu ada toilet yang bebas sentuhan, wastafel dan pengering tangan.

“Kami mencoba untuk mengurangi kegelisahan yang kita hadapi saat menggunakan kamar mandi saat terbang,” kata Jeanne Yu, Boeing Commercial Airplanes Director of Environmental Performance dalam sebuah pernyataan.
“Dalam prototipe, kami menempatkan cahaya itu di seluruh kamar mandi jadi cahaya itu menyinari permukaan dudukan toilet, wastafel dan bagian atas dengan sinar UV begitu pengguna keluar dari kamar mandi. Proses pembersihan ini bahkan menolong mengurangi bau,” terangnya.

Teknologi UV yang digunakan ini berbeda dari sinar yang digunakan di kamar tanning, sehingga proses pembersihan tidak berbahaya untuk manusia. “Sinar UV menghancurkan semua mikroba dengan meledakkan mereka secara harfiah,” kata Jamie Childress, teknisi di departemen the Boeing Research & Technology. “Sinar itu berada di frekuensi yang sama dengan ikatan molekul di luar mikroba,” terangnya.

Desain kamar mandi baru itu sedang diuji oleh Commercial Airplanes Product Development dan BR&T sebelum dipasang di pesawat-pesawat baru. Konsep ini juga dievaluasi oleh Crystal Cabin Award.

Sumber: Techbrowsing.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge