0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SMAN 3 Surakarta Peduli Lingkungan

SMAN 3 Surakarta Peduli Lingkungan (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Siswa SMA Negeri 3 Solo beserta guru melakukan aksi peduli lingkungan bertajuk Green School di kawasan lingkungan SMA Negeri 3 Solo dan sekitarnya, Jumat (18/3).

“Kegiatan Green School ini merupakan bagian dari kegiatan untuk menuju sekolah Adi Wiyata,” ungkap Koordinator Adi Wiyata SMAN 3 Surakarta, M Ichsan kepada wartawan, di sela-sela kegiatan.

Ichsan mengatakan, tahun 2015 lalu, SMAN 3 Surakarta terpilih sebagai salah satu sekolah di Kota Solo yang mendapatkan penghargaan Sekolah Adi Wiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup. Untuk itu, kegiatan Green School adalah sebagai tindak lanjut sekaligus untuk meraih penghargaan Sekolah Adi Wiyata lagi.

“Selain itu juga seluruh keluarga besar SMAN 3 Surakarta baik itu guru, karyawan maupun murid bersama-sama menciptakan lingkungan yang hijau dan indah untuk menyelamatkan bumi ini,” jelasnya.

Menurut Ichsan, kegiatan Adi Wiyata ini, meliputi tiga sentral. Pertama yaitu sentral kurikulum yaitu dengan menyelipkan konsep pendidikan Adi Wiyata di dalam kelas. Kedua terkait dengan pertamanan dan keindahan. Setiap sebulan sekali murid-murid dan guru membersihkan lingkungan sekolah.

Meski demikian, dalam setiap harinya murid-murid juga dituntut untuk peduli lingkungan yaitu dengan menjaga kebersihan dan keindahan ruang kelas masing-masing dan taman yang berada di depan kelas masing-masing. Sehingga murid-murid setiap harinya sudah dijadwal untuk piket.

“Ketiga dari Adi Wiyata yaitu pengolahan sampah. Seperti sampah organik diolah untuk dijadikan pupuk, sedangkan untuk sampah anorganik dikumpulkan kemudian dipasok ke lembaga yang bisa mendaur ulang,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge