0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengamanan Soal UN Jadi Sorotan

dok.timlo.net/nanang rahadian
Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Karanganyar, Agus Hariyanto (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Keamanan distribusi naskah soal ujian nasional (UN) mendapat sorotan wakil rakyat. Pasalnya, kejadian soal rusak maupun bocor banyak terjadi dan selalu berulang tiap tahunnya.

“Jangan sampai hal sepele seperti soal tertukar mengganggu jalannya UN,” kata Ketua Komisi D DPRD Karanganyar Endang Muryani, Jumat (18/3).

Endang meminta Disdikpora mengawasi naskah soal UN secara ketat. Sehingga soal-soal unas yang dikirim dari percetakan tidak ada yang rusak atau salah materi dengan lembaran jawabannya. Selain pengawasan paket soal-soal tersebut, pihaknya juga berharap Disdikpora menjaga agar soal-soal ujian tersebut tidak bocor.

‪Menanggapi hal itu, Sekretaris Disdikpora Karanganyar Agus Hariyanto menjelaskan, penyimpanan naskah masih dilakukan seperti tahun lalu. Untuk naskah soal SMA/SMK semua didrop di kantor Disdikpora Karanganyar. Sedangkan naskah soal SMP didrop di lima kelompok kerja di sejumlah wilayah.

‪”Soal pengamanan kita berkoordinasi dengan Polres Karanganyar,” tandasnya.

UN tingkat SMA dan sederajat akan dilaksanakan 4 April hingga 6 April mendatang. Jumlah peserta ujian yang sudah terdaftar sebagai daftar nominasi tetap (DNT) meliputi SMA/MA sebanyak 3.876 siswa dari 26 sekolah. SMK sebanyak 4.087 siswa dari 32 sekolah, dan Kejar Paket C setingkat SMA sebanyak 477 siswa. UN tingkat SMP diikuti 12.303 siswa dan kejar paket B setingkat SMP sebanyak 389 siswa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge