0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah DBD, Basmi Sarang Nyamuk Secara Serentak

Kegiatan PSN serentak di Kecamatan Sambirejo (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kecamatan Sambirejo dilakukan serentak setiap hari Jumat. Langkah ini dilakukan untuk mencegah merebaknya wabah demam berdarah dengue (DBD) yang tergolong tinggi di Kabupaten Sragen.

“PSN dilakukan secara serentak. Ini untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue sehingga terjadinya kejadian luar biasa atau wabah dapat dicegah dan angka kematian dapat diturunkan serendah-rendahnya,” kata Kepala Puskesmas Sambirejo, dr Sri Herawati, Jumat (18/3).

Herawati mengatakan, tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan angka bebas jentik (AJB) sehingga seluruh masyarakat terbebas dari penyakit DBD dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan. Ini penting dilakukan lantaran kesehatan lingkungan merupakan salah satu faktor pencetus meningkatnya kasus DBD.

Dijelaskannya, sebenarnya pemberantasan DBD ini sama seperti pada penyakit pada umumnya. Hanya saja, vaksin untuk mencegah dan obat untuk membasmi virusnya hingga sekarang belum ditemukan.

“Makanya pemberantasan penyakit DBD dilaksanakan terutama dengan memberantas nyamuk penularnya,” jelas Herawati.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge