0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sensus Ekonomi, Ribuan Pengusaha Wonogiri Didata

Kepala BPS Wonogiri Rahmadai Edy Santosa (tengah) dan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa (kiri) (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sebanyak 801 petugas sensus ekonomi(SE) siap diterjunkan kelapangan untuk mendata keberadaan para pengusaha yang tersebar di pelosok wilayah Wonogiri. Sasaran sensus kali ini yakni para pengusaha yang jumlahnya hampir ribuan.

“Kami berharap para pengusaha nantinya memberikan data yang real dan apa adanya,” ungkap Kepala BPS Wonogiri, Rahmadi Edi Santosa, Jumat(18/3).

Menurutnya, sensus ekonomi sama sekali tidak ada kaitannya dengan pajak sehingga para pengusaha diimbau untuk tidak khawatir. Pasalnya, data yang berhasil dihimpun petugas di lapangan nantinya tidak akan disebarluaskan.

“Jangan khawatir, data para pengusaha ini kami jamin kerahasiaannya. Kalau data itu nanti sampai bocor kami siap dituntut,” jelasnya.

Diakuinya, para pengusaha merupakan orang-orang yang berpendidikan tinggi sehingga seringkali petugas kesusahan dalam mengorek data dari mereka. Namun demikian, petugas sensus sebelum diterjunkan akan diberikan pelatihan terlebih dahulu sehingga memiliki kemampuan kualitatif saat penggalian data sehingga dalam menggali data mendapatkan hasil yang real. Dia juga memaklumi jika para pengusaha kurang jujur dalam hal data, terlebih soal aset, omset dan permodalan.

“Petugas kami di lapangan akan dibekali dengan rompi, ID Card dan surat tugas, jadi kalau mereka tidak mampu menunjukkan ketiga itu silahkan Anda tolak,” katanya.

Dikatakan, sensus ekonomi ini rencananya akan dimulai pada 1-31 Mei 2016. Sedang sasarannya yakni seluruh sektor selain pertanian.. Pasalnya pertanian telah ada sensus tersendiri. Di Wonogiri, diperkirakan menyasar  sekitar 82.200 responden.

“Selain pengusaha, pemerintah, rumah tangga dan sekolah serta badan-badan nirlaba juga akan kita sensus. Kita ingin sensus ini dapat memperoleh hasil yang yang level dan terstruktur demi kemajuan pertumbuhan Wonogiri,” terangnya.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo berharap para pengusaha di Wonogiri ini memberikan data secara transparan. Hal senada diutarakan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa. Dia berharap data yang diberikan para pengusaha merupakan data real sehingga hasilnya nanti dapat digunakan Pemkab Wonogiri untuk menentukan program dan kebijakan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge