0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Geledah Lapas Klaten, Tim BNN Temukan Gunting dan Kartu Remi

dok.timlo.net/aditya wijaya
Petugas BNN Jateng menemukan gunting di Lapas IIB Klaten dalam penggeledahan Narkoba (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Tim gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah dan Polres Klaten menggeledah Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB (Lapas IIB) Klaten, Jumat (18/3). Penggeledahan ini bertujuan untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Geledah gabungan ini bukan yang pertama kali. Sebagai antisipasi P4GN. Merupakan tindak lanjut dari geledah insidental dan rutinitas sehingga menyasar seluruh kamar,” ujar Kepala Lapas IIB Klaten Budi Prayitno, Jumat (18/3).

Dijelaskan, geledah insidental hanya menyasar satu atau dua kamar berdasarkan kecurigaan, dilakukan mendadak sepanjang waktu. Sedangkan geledah rutinitas dilakukan petugas pengamanan maupun perwira piket dilakukan setiap hari, minggu, hingga per bulan.

Dalam penggeledahan gabungan itu, petugas menemukan sejumlah barang yang dilarang dibawa narapidana (Napi) ke kamarnya. Di antaranya, radio, kartu remi, lilitan kabel charger Ponsel, baterai Ponsel, gunting, hingga ikan cupang.

“Hal seperti itu mungkin saja bisa terjadi. Tidak semudah membalikkan halaman. Mereka memasukkannya dalam berbagai cara. Namun prinsipnya setiap kali penggeledahan jika ditemukan langsung dimusnahkan. Jika ada barang sifatnya indisipliner akan kita beri sanksi pembinaan,” tutur Budi Prayitno.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge