0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bakal Digusur, Belasan Pedagang Pasar Guworejo Protes

Salah satu pedagang Pasar Guworejo bubuhkan tanda tangan sebagai bentuk protes terhadap rencana penggusuran (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sejumlah pedagang di Pasar Guworejo, Kecamatan Karangmalang melakukan protes kepada kebijakan yang diambil PemerintahDesa (Pemdes) Guworejo. Pasalnya, tempat yang selama belasan tahun dijadikan untuk mencari penghidupan bakal dipindah alias digusur. Rencananya sebagian bangunan pasar tersebut mau dijadikan kantor desa baru.

“Kami dengar tempat ini mau dijadikan sebagai kantor desa. Padahal kantor desa sekarang kondisinya masih bagus. Kami keberatan kalau harus pindah, apalagi kamisudah mengeluarkan banyak biaya untuk renovasi kios,” kata Ketua Paguyuban Pasar Guworejo, Tikno (32), Kamis (17/3).

Tikno mengungkapkan, rata-rata pedagang yang menempati kios itu sudah lama, sekitar 15 tahun lebih. Mereka keberatan pindah lantaran sudah banyak pelanggannya. Selain itu awalnya mereka diminta untuk membayar emperan kios oleh kepala desa lama sebanyak Rp 2,9 juta.

“Sekarang kios ini sudah menjadi hak pakai. Kita juga membayar restribusi ke desa sebesar Rp 15 ribu per bulan. Kami tidak keberatan, tapi malah sekarang disuruh pindah,” katanya.

Dari pantauan di lokasi, para pedagang berunjuk rasa dengan menggelar spanduk dan poster bernada keberatan terhadap penggusuran tersebut. Mereka juga membubuhkan tanda tangan penolakan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge