0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Agar Melek Hukum, Kejari Gulirkan Jaksa Masuk Sekolah

timlo.net/aditya wijaya
Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Sugeng Hariadi memberikan kuliah perdana Jaksa Masuk Sekolah di SMPN 2 Wonosari (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten menggulirkan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Peluncuran ditandai dengan kuliah perdana di SMPN 2 Wonosari yang diikuti 450 tamu undangan perwakilan OSIS dan para guru, Kamis (17/3).

“Program ini sesuai nawacita Presiden Joko Widodo tentang pembentukan karakter bangsa. Kejaksaan punya kewajiban membentuk karakter bangsa sejak dini,” ujar Kepala Kejari Klaten Sugeng Hariadi, Kamis (17/3).

Program JMS merupakan tindaklanjut program serupa, yakni Jaksa Masuk Desa (JMD). Bedanya, JMD menyasar orangtua dan warga desa yang belum melek hukum, sedangkan sasaran Jaksa Masuk Sekolah siswa SD, SMP, SMA/SMK sederajat hingga perguruan tinggi.

JMS bakal digelar di 26 kecamatan dengan menerjunkan 24 jaksa Kejari Klaten. Dalam pelaksanaannya, JMS tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dan proses penyidikan Kejari. Selain itu akan disisipkan dengan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

“Harapan kami dengan JMS generasi muda tambah wawasan dengan mengenali hukum dan menjauhi hukuman. Itu yang perlu diterapkan. Sehingga anak-anak terhindar dari masalah hukum baik sebagai pelaku maupun korban,” ucap Sugeng Hariadi.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Pantoro, menyambut baik program JMS oleh Kejari. Namun demikian, selain JMS, kunci utama menyadarkan siswa terhadap hukum adalah keteladanan guru.

”Orang yang tidak jujur, tidak baik, tidak akan bisa mengajarkan kejujuran dan kebaikan. Umpamane omong koyo wong dodol jamu to? (Contohnya seperti penjual jamu) Wong ora (Orang tidak ) berbuat baik kok mengajarkan kebaikan. Jadi tidak akan berhasil kalau tidak ada keteladanan,” kata dia.

 

Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Sugeng Hariadi memberikan kuliah perdana Jaksa Masuk Sekolah di SMPN 2 Wonosari.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge