0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar : Tambang Ilegal Merugikan, Pemerintah yang Kena Imbasnya

timlo.net/nanin
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sidak ke Kali Apu, Selo (timlo.net/nanin)

Boyolali — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan sidak ke penambangan di Kali Apu, Selo, Kamis sore (17/3). Ganjar secara tegas menyatakan penambangan ilegal sangat ngawur dan merusak lingkungan.

“Jahat itu yang penambangan ilegal (menggunakan alat berat) harus segera ditertibkan, termasuk truk-truk pasir bermuatan melebihi tonase,” kata Ganjar Pranowo.

Kerusakan jalan akibat truk-truk pasir melebihi tonase dari penambangan ilegal, merusak infrastruktur jalan. Dampaknya, pemerintah yang disalahkan masyarakat dan menjadi tanggung jawab untuk memperbaiki infrastruktur. Meski demikian, Ganjar tidak akan menutup mata bagi penambang manual.

“Penambang manual akan kita lakukan pembinaan, mereka akan kita buat kelompok-kelompok agar lebih mudah dalam melakukan pembinaan,” tambahnya.

Pihaknya sudah banyak mendengar keluhan dari masyarakat terkait keberadaan penambangan liar dengan alat berat di lereng Merapi. Keberadaan penambang ilegal tersebut sangat mengesalkan.

”Kalau dipasang portal kucing-kucingan, disita CPU beckhoe-nya susah karena dilas. Tapi begitu CPU diambil, mereka tetap beroperasi dengan pinjam CPU lainnya. Itukan jahat,” tegas Ganjar.

Ganjar sendiri akan melakukan zona penambangan di kawasan Lereng Merapi, yang meliputi wilayah Klaten, Magelang dan Boyolali. Setidaknya saat ini ada 3.000-an penambang manual yang mengadu nasib di Kali Apu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge