0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidak di Pasar Nusukan, Petugas Temukan Makanan Kedaluwarsa

Petugas Disperindag Solo saat Sidak di Pasar (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Nusukan, Kamis (17/3). Sidak tersebut bertujuan untuk meminimalisir  peredaran makanan kadaluwarsa serta tidak berlabel.

“Sidak ini memang salah satu kegiatan rutin yang kita lakukan. Tujuannya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para konsumen,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Disperindag Solo, Hening Widyastuti kepada wartawan.

Dari Sidak yang dilakukan, pihaknya berhasil menemukan beberapa makanan yang kadaluwarsa. Pedagang yang kedapatan menjual makanan kadaluwarsa tersebut diberikan teguran dan diharapkan bisa lebih teliti saat melakukan pembelian.

“Para pedagang rata-rata hanya dititipi oleh sales. Karena terlalu percaya, sehingga mereka tidak memeriksa ulang. Bahkan saat kita tanya dimana tanggal kedaluarsanya ada yang tidak tahu,” jelasnya.

Meski ada beberapa temuan, namun Hening mengaku belum memberikan sanksi tegas kepada para pedagang. Karena sesuai prosedur yang ada, mereka harus mendapatkan pembinaan dan arahan.

Sidak dilakukan oleh petugas gabungan, mulai dari Disperindag, Satpol PP, Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Metrologi serta Dinas Pengelolaan Pasar. Selain menyasar makanan ringan, mereka juga melakukan pengecekan untuk makanan curah.

Editor : Ari Kristyono

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge