0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Sragen Usul Pupuk dan Pestisida Dimonopoli Negara

Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman mengusulkan untuk pupuk dan pestisida agar dimonopoli dan pengelolaannya dikuasai oleh negara. Pasalnya, dua unsur penting dalam pertanian dan dibutuhkan petani tersebut selama ini lebih banyak dikuasai tengkulak dan dipermainkan harganya ketika dibutuhkan petani.

“Kalau saya boleh usul, agar pupuk dan pestisida itu dimasukkan pasal penting dan dimonopoli negara seperti bumi, air dan kekayaan yang selama ini dimonopoli negara. Setiap musim tanam petani selalu mengalami kesulitan,” kata Bupati Agus Fatchur Rahman, belum lama ini.

Agus menyatakan, selama ini problem yang dihadapi petani di Bumi Sukowati diantaranya kuota pupuk yang terus dikurangi, menyempitnya lahan pertanian akibat alihfungsi lahan dan harga gabah yang tidak pasti.

Sebelumnya, dalam acara panen raya dan pencanangan Program Serbu Serap Gabah oleh Bulog di Desa Sidodadi, Kecamatan Masaran, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar petugas penyuluh lapangan (PPL) pertanian untuk benar-benar serius dalam menghitung kebutuhan pupuk dan mendata lahan pertanian. Pasalnya, data rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) pupuk yang ada selama ini tidak sesuai dengan realita di lapangan.

Ganjar juga mengancam bakal memidanakan pihak distributor atau pengecer pupuk yang menyalahgunakan wewenang. “Kalau ada yang main-main dengan pupuk kita sikat. Tidak ada ampun. Saya tidak peduli dengan yang mbeking-bekingi. TNI-Polri sudah sepakat yang mbekingi dihajar,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge