0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Dapat Jatah Pupuk Bersubsidi? Ya Harus Punya Kartu Tani

timlo.net/agung widodo
Ilustrasi pupuk (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Petani di Kabupaten Sragen mulai tahun 2017 mendatang bakal memiliki kartu tani. Kartu ini ditujukan untuk mempermudah kebutuhan pupuk para petani melalui kerjasama dengan pihak perbankan.

”Maksud dari kartu tani ini bertujuan untuk pendistribuasian dan pengawasan pupuk bersubsidi pada sasaran yang tepat. Dengan adanya kartu ini diharapkan keberadaan pupuk bisa dapat dengan cepat diterima petani,” kata Koordinator Penyuluh Badan Pelaksanaan Penyuluh (Bappeluh) Sragen, Sutarjo, Rabu (16/3).

Di sela-sela acara Sosialisasi Penyaluran dan Kuota Pupuk Bersubsidi di Aula Sukowati Setda Sragen, Sutarjo menjelaskan, program kartu tani ini langsung dikoordinasi Provinsi Jawa Tengah dan telah diluncurkan oleh Gubernur Ganjar Pranowo sejak 2015 lalu. Saat ini Bappeluh telah melakukan pendataan di tingkat kecamatan hingga kelompok tani.

Sutarjo menyatakan, tugas Bappeluh memberi pendampingan dan validasi. Selanjutnya data petani tersebut bakal diserahkan pada bank yang ditunjuk. Selanjutkan kuota pupuk dapat dilakukan pembayaran dengan Electronic Data Capture (EDC).

Pada 2017 nanti, diharapkan petani di Sragen akan terdata seluruhnya. Dalam sosialisasi kali ini telah dilakukan pada kelompok tani sebanyak 1.328 dan Gabungan kelompok tani (Gapoktan) sebanyak 205 kelompok.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge