0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan Hanya Berlaku Untuk Peserta Mandiri

timlo.net/setyo pujis
Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Solo, Hariyatni (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Iuran peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan naik pada April 2016 mendatang. Kendati demikian, kenaikan tersebut tidak berlaku untuk semua, melainkan hanya untuk kategori peserta mandiri.

“Sesuai dengan Perpres Nomor 19 Tahun 2016, penyesuaian itu hanya berlaku untuk peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja (PBP),” ujar Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Solo, Hariyatni kepada wartawan, Rabu (16/3).

Dikatakan dia, kenaikan tarif bervariasi tergantung dari kelas kepesertaanya. Untuk kelas III semula Rp 25.500 sekarang menjadi Rp 30.000, kelas II semula Rp 42.500 menjadi Rp 51.000 dan kelas I semula Rp 59.500 menjadi Rp 80.000. Sesuai dengan peraturan perundangan, iuran program jaminan kesehatan akan dievaluasi maksimal dua tahun sekali.

“Penyesuaian iuran tersebut dilakukan karena selama ini BPJS Kesehatan selalu defisit. Bahkan di Solo sendiri dari sekitar Rp 14 Miliar dana yang terkumpul perbulan, pengeluarannya bisa membengkak menjadi Rp 134 Miliar per bulan,” jelasnya.

Selain itu, Hariyatni menyampaikan, dengan adanya perubahan regulasi tersebut juga akan ada diiringi dengan penambahan manfaat fasilitas kesehatan. Diantaranya adalah pelayanan KB dan pemeriksaan medis dasar di rumah sakit (UGD).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge