0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalur Rusak SSB Digelontor Dana Rp 33,8 Milliar

Jalan rusak di jalur SSB segera diperbaiki (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemerintah Provinsi  Jawa Tengah menggelontorkana anggaran Rp 33,8 miliar untuk pembangunan kerusakan infrastruktur jalan di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB). Perbaikan akan dilakukan tahun ini.

“Dalam waktu dekat proyek akan segera dimulai,” kata Pengawas Jalan SSB Bina Marga Provinsi Jateng, Sumarwan, Rabu (16/3).

Dijelaskan, pembangunan akan meliputi peningkatan jalan dari Candipetak-Selopas sepanjang 5 kilometer dengan anggaran Rp 22,33 miliar dan pembangunan talut dan perbaikan jalan di sekitar Jembatan Samiran II senilai Rp 11,5 miliar.

“Untuk jalan Candipetak-Selopas, nanti akan menyambung dengan yang kita perbaiki kemarin,” tambahnya.

Sementara untuk Jembatan Samiran, perbaikan difokuskan pada penangganan longsor dengan membangun talud. Untuk pengamanan talud akan menggunakan metode baru, seperti yang di pakai di Negara Swiss. Teknik baru ini sangat cocok diterapkan dengan kondisi tanah di Samiran yang labil.

“Beayanya memang mahal, tapi lebih efektif,” imbuhnya.

Jalan Solo-Selo-Borobudur mengalami kerusakan parah sejak dua bulan terakhir ini. Kondisi saat ini, seluruh aspal sudah mengelupas dan berlubang. Kondisi ini semakin diperparah dengan melintasnya ratusan truk pasir yang muatanya melebihi tonase. Selama pengerjaan perbaikan jalan, truk pasir dilarang melintas.

“Hanya angkutan lokal yang memuat sayuran yang boleh melintas,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge