0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Proses Prodi Kependudukan dan Capil

dok.timlo.net/info-kampus.com
Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (dok.timlo.net/info-kampus.com)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) kini tengah memproses pendirian program studi (Prodi) baru yakni Prodi Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil). Prodi tersebut berada pada Fakultas Hukum.

“Saat ini sedang menunggu turunnya ijin,” ungkap Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS kepada Timlo.net, di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Rabu (16/3).

Rektor UNS mengungkapkan, permohonan ijinProdi Kependudukan dan Capil tersebut sudah diajukan sejak tahun 2015 lalu. Menurut informasi, verifikasi nomenklatur prodi tersebut masih dalam proses.

“Kalau ijin turun, berarti UNS  akan menjadi perguruan tinggi tinggi pertama di Indonesia yang memiliki prodi Kependudukan dan Catatan Sipil,” ungkapnya.

Menurut Ravik, Prodi Kependudukan dan Capil belum bisa masuk pendaftaran Seleksi Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 karena sudah tutup, dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 karena terlanjur dibuka.

“Nanti baru dibuka pendaftaran pada jalur Seleksi Mandiri,” jelasnya.

Dijelaskan, Prodi Kependudukan dan Capil tersebut sifatnya khusus. Dibukanya Prodi tersebut, didorong oleh adanya kebutuhan akan lulusan yang menguasai bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Namun demikian, ijin penyelenggaraan prodi tersebut tetap menjadi kewenangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Bidang Adiministrasi Kependudukan dan Capil merupakan bidang dibawah Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge