0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terinspirasi Kali Code, Pemkab Klaten Bentuk Sekolah Sungai

Timlo.net - Aditya
Kepala DPU ESDM Klaten, Abdul Mursyid (Timlo.net - Aditya)

Klaten — Pemkab Klaten bakal menggembleng puluhan relawan dalam kegiatan bertajuk ‘Sekolah Sungai’ pada 1-3 April mendatang. Hal itu sebagai upaya penyadaran ke masyarakat terkait pentingnya sungai.

“Kalau ada sekolah sungai diharapkan sukarelawan bisa memberdayakan sungai-sungai yang ada seperti untuk minum, pertanian, dan lainnya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten, Abdul Mursyid, Selasa (15/3).

Gerakan Sekolah Sungai muncul dari para sukarelawan saat mengunjungi Kali Code, Yogyakarta. Sebab di sungai yang membelah Kota Yogja sepanjang enam kilometer itu sudah terbentuk gerakan merawat lingkungan sungai.

Pada 2016, ditargetkan, sedikitnya 300 orang dari sukarelawan serta PNS mengikuti kegiatan sekolah sungai. Sebagai tahap awal, pada 1-3 April mendatang, sebanyak 75 sukarelawan dari 54 kelompok yang akan digembleng.

“Pada hari pertama akan ada kuliah umum dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Selama sekolah sungai ini digelar, dihadirkan pemateri seperti pakar dari UGM, BPBD Jateng, serta pemateri lainnya. Dari sekolah sungai ini, para sukarelawan akan memiliki modal ilmu yang bisa ditularkan untuk pengelolaan lingkungan sungai yang baik,” kata dia saat ditemui wartawan.

Sementara, Plt Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Bambang Sujarwo mengatakan, melalui sekolah sungai diharapkan masing-masing sukarelawan memiliki sungai binaan. Sehingga dapat melakukan penyadaran ke masyarakat terkait pentingnya merawat sungai.

“Untuk anggarannya nanti disokong bersama dari iuran. Harapannya, pada APBD Perubahan 2016 mendatang ada pemihakan untuk keberlanjutan sekolah sungai,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge